Kamis, 26 Mei 2011

IPDN RAIH JUARA UMUM PADA OLYMPIADE PERGURUAN TINGGI KEDINASAN 2011


Add caption
Add caption
(Jatinangor, 21 Mei 2011) Untuk ketiga kalinya Institut Pemerintahan Dalam Negri (IPDN) kembali meraih predikat juara Umum Kegiatan Peningkatan Kreativitas Seni dan Olahraga Pendidikan Tinggi tahun 2011 yang dii

kuti 13 sekolah kedinasan se Indonesia yaitu STIP, STAN, STPN, STSN, STP, AKIP, AMG, STTD, STKS, STTN, STIA-LAN, ATK selama 2 hari mulai tanggal 21 sd. 22 Mei 2011 bertempat di Kampus IPDN Jatinangor. Acara dibuka oleh Rektor IPDN Prof. Dr. H. I. Nyoman Sumaryadi, M.Si dan dihadiri undangan serta perwakilan dari masing-masing peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Rektor IPDN Prof. Dr. H. I. Nyoman Sumaryadi, M.Si pada sambutan pembukaanya mengatakan bahwa beliau sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini, sehingga kegiatan peningkatan kreatifitas seni dan olahraga pendidikan tinggi tahun 2011 bertujuan : Pertama, dapat membangun hubungan kerjasama dan persaudaraan antar sesama mahasiswa pendidikan tinggi kedinasan se indonesia; Kedua, mampu mensinergikan apresiasi masyarakat kampus terhadap olahraga sehingga terbina kreatifitas, kebugaran, disiplin, dan sporifitas yang tinggi;Ketiga, sebagai bahan evaluasi dan sebagai alat tolak ukur hasil pembinaan kegiatan ekstrakulikuler di lingkungan kampus masing-masing; dan Keempat, dapat membantu program pemerintahan dalam memasyarakatan olahraga dan mengolahragakan masyarakat di lingkungan kampus.
Selanjutnya rektor menambahkan bahwa para peserta pendidik seyogyanya tidak hanya berperan sebagai pihak yang disiapkan tetapi harus mampu memposisikan dirinya menjadi pihak yang mempersiapkan diri.. Sehingga pada gilirannya diharapkan tercipta kolerasi yang selaras antara link and match dengan kompetensi sumber daya (life skill) yang ada. Atas pemikiran tersebut , kami menyambut baik dengan keputusan rapat kerja forum mahasiswa kedinasan indonesia, sehingga institut pemerintahan dalam negeri di beri kepercayaan dan di tetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara peningkatan kreatifitas seni dan olahraga pendidikan tinggi tahun 2011, urainya.
Pada akhir sambutan, Rektor mengharapkan beberapa hal terkait dengan kegiatan peningkatan kreatifitas seni dan olahraga pendidikan tinggi yaitu : Pertama, dapat mempererat dan menjalin hubungan baik antar peserta didik pendidikan tinggi kedinasan melalui kegiatan olahraga; Kedua, dapat menggali minat dan bakat para peserta didik khususnya di bidang olahraga; Ketiga, mampu memotivasi peserta didik dalam rangka meningkatkan potensi diri khususnya di bidang olahraga; dan Keempat, sebagai wahana peserta didik dalam meraih prestasi di bidang olahraga dan pengelolaan perlombaan di bidang olahraga.

Cabang olah raga yang dipertandingkan sebanyak 11cabang olah raga antara lain : atletik, renang, bola voli, bola basket, futsal, bulutangkis, tenis meja, bilyar, catur, tenis lapangan dan panjat tebing. Dari cabang olahraga yang dipertandingkan tersebut diperoleh hasil sebagai berikut : Tim IPDN meraih perolehan medali 15 emas, 10 perak dan peruggu, disusul oleh Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dengan mengumpulkan 6 emas dan 3 perunggu. Hasil selengkapnya terlampir disini.
Rektor IPDN prof Dr. HI Nyoman Sumaryadi, mengaku bangga atas prestasi yang di torehkan oleh peserta didik perwakilan praja IPDN dengan berhasil menjuarai ajang tersebut secara berturut turut. “ini sebuah prestasi yang membanggakan dan sekalius menjadi juara bertahan, semoga prestasi ini dapat mempengaruhi juga terhadap motivasi belajar praja di bidang pendidikan lainnya, “ujarnya. Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan yang digelar setiap tahunnya ini menjadi motivasi bagi mahasiswa kedinasan untuk lebih meningkatkan budaya berolahraga dan prestasi dan juga tolak ukur sekaligus evaluasi hasil pembinaan olahraga di Perguruan Tinggi Kedinasan,” terangnya. Di gelarnya Olimpiade tahunan ini dipandang penting dan positif sebagai implementasi dari upaya peningkatan daya pikir, keterampilan, persahabatan dan jiwa sportivitas, selain menjadi tolak ukur keberhasilan program pembinaan Ekstrakurikuler khususnya dalam bidang pembinaan olahraga di kampus masing-masing.

Kegiatan peningkatan kreativitas seni dan olah raga pendidikan tinggi kedinasan menjadi agenda tahunan Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI) yakni organisasi bagi mahasiswa kdinasan se Indonesia. Sejak 2 tahun yang lalu kegiatan ini di gelar di STIP dan STAN Jakarta, dan untuk yang ketiga kalinnya ini sesuai hasil muyawarah dilangsungkan di kampus IPDN Jatinangor ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar