Senin, 13 Juni 2011

Umbut Kelapa Makanan Khas Dayak

KA­LI­MAN­TAN Te­ngah (Kal­teng) ka­ya de­ngan sum­ber ba­han pa­ngan yang ji­ka di­op­ti­mal­kan a­kan meng­ang­kat daerah ini dalam konteks nasional. Salah satunya umbut kelapa yang disayur. Ba­gi sebagian orang, masakan daerah tersebut kolot dan tidak prak­tis... Tetapi Anda jangan bi­lang kolot sebelum merasakan ke­nikmatan sayur yang satu ini.
Sayur umbut kelapa terbuat da­ri serabut pucuk pohon ke­la­pa yang lembek. Makanan khas suku Dayak Ngaju ini le­bih enak dimakan dengan opor da­ging sapi atau ayam, dan sam­bal goreng kacang pu­tih atau kacang tolo. Sebagai pe­leng­kapnya sambal terasi atau sam­bal mangga muda. So­al rasa, tidak kalah dengan ma­kanan modern. Apalagi, jika ki­ta pintar memasaknya.

Pengamat kuliner di Kaliman­tan Tengah, Jusuf Kawaru, yang juga aktif di Perhimpunan Ho­tel dan Restauran Indonesia (PH­RI) mengatakan, khasanah ku­liner Kalteng harus tetap di­­jaga cita rasa dan pe­nampilan­nya.  Termasuk juga dalam hal pelestarian jenis masakan dari umbut kelapa dan rotan, yang menjadi ciri ter­sendiri dari Bu­mi Tambun Bungai.
Sementara itu, Ketua Tim Peng­gerak PKK Kapuas Aliyah Ma­wardi mengungkapkan ke­gundahannya karena para ibu rumah tangga tidak lagi me­nyajikan khasanah kuliner khas Kalteng kepada keluarga mereka.
Akibatnya, generasi muda Kal­teng banyak yang tidak me­ngenal ciri khas makanan dae­rah asalnya. Ia berharap pa­ra ibu rumah tangga kembali me­nyajikan masakan daerah un­tuk hidangan keluarga. Untuk itu, ia membeberkan resep pem­buatan gulai umbut kelapa.
Bahan yang dibutuhkan : 1 kg umbut kelapa iris tipis, 1/2 kg tulang iga sapi atau ayam, potong dan bersihkan, 1 iris labu ku­ning, potong setebal 2 cm.
Bumbu : 2 gelas santan kental dan 6 gelas santan cair, 1 ru­as kunyit, laos dan serai, 3 lem­bar daun salam, 1 sendok teh ketumbar, sedikit terasi dan garam. Kemudian, 6 siung ba­wang merah dan 2 siung ba­wang putih
Cara membuat : rebus tulang iga sapi sampai agak ma­tang, lalu masukkan umbut, dan labu kuning. Haluskan se­mua bumbu kecuali daun sa­lam, laos, dan serai. Masukkan bumbu k edalam wajan umbut yang sedang direbus. Biarkan ma­tang dan meresap. Siap dihi­dangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar