Jumat, 08 Juli 2011

Toleransi KW2

Toleransi adalah kata yang mengingikan adanya pengertian, toleransi bukan sekedar perkara rentang, kepada siapa, dimana, atau kapan,melainkan juga sebuah batas normatif sebuah masyarakat sebagai entitas sosiopolitik.

Kata yang sudah menjadi barang mahal dalam penerapannya tersebut sudah tidak memiliki ruang, atau masih ada tapi ruang lingkup, serta rentang jangkaunya kemakin sempit, semakin sedikit yang menyadari makna pentingnya. Terjangan tsunami fanatik sempit meluluhlantakan pola pikir anak bangsa, sehingga semakin sedikit yang bisa merasa namun semua merasa bisa, apalagi melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang.

Fanatismelah yang sekarang yang mengambil peranan, dengan membesarkan egoisme selalu merasa bisa mewujudkan keinginan sendiri atau kelompok, tanpa bisa menghargai keinginan orang lain atau kelompok lain ataupun lingkungan.
Entah apa yang menjadikan fanatik sempit menjadi trend dewasa ini yang memberangus kata toleransi menjadikannya sesuatu yang langka dan mahal, dan makin sedikit orang-orang yang plural. Padahal itulah yang menjadi alasan kita masih bersama.
Semua aspek mempengaruhinya, sehingga perlu semua orang juga untuk memeliharanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar